9 Vitamin dan Nutrisi Penting Bagi Kesehatan Mata

Mata adalah organ tubuh kompleks yang membutuhkan vitamin dan nutrisi agar bekerja dengan baik. 

Penyakit mata seperti diabetic retinopathy (diabetes mata), macular degeneration ( gangguan mata yang memengaruhi kemampuan untuk melihat, dan merupakan penyebab utama kebutaan), glaukoma, dan katarak tentunya mempengaruhi penglihatan bagi penderitanya. 

Meskipun banyak faktor yang mempengaruhi kondisi di atas, kurangnya nutrisi merupakan hal utama yang menyebabkan penyakit di atas.

Berikut merupakan 9 vitamin dan nutrisi penting untuk kesehatan mata.

Pinkrabbit - Mata sehat

Vitamin A

Vitamin berperan penting untuk menjaga kornea, yang merupakan bagian mata paling luar. 

Vitamin A juga merupakan bagian dari rhodopsin, sebuah protein untuk mata yang membantu untuk melihat dalam keadaan kurang cahaya.

Sumber Vitamin A antara lain adalah: kentang dan sayuran hijau.

Vitamin E

Berbagai macam kondisi mata dipercaya terkait dengan oxidative stress, yang merupakan kondisi tidak seimbang antara anti oksidan dan radikal bebas dalam tubuh.

Vitamin E merupakan antioksidan yang berguna untuk melindungi sel, termasuk sel mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Sumber utama vitamin E antara lain adalah: kacang-kacangan, biji bijian. Ikan salmon, buah alpukat, dan sayuran hijau juga terdapat sumber Vitamin E. 

Vitamin C

Seperti Vitamin E, Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh yang dapat berfungsi juga melindungi mata dari radikal bebas.

Vitamin C juga diperlukan untuk pembentukan kolagen, senyawa protein yang diperlukan untuk pembentukan struktur mata, khususnya di kornea dan sklera.

Sumber Vitamin C antara lain adalah brokoli, jeruk, dan paprika.

Vitamin B6, B9, dan B12

Kombinasi vitamin di atas dapat menurunkan homocysteine, yaitu protein tubuh yang mungkin dihubungkan dengan iflamasi dan naiknya resiko terserang AMD..

Riboflavin

Riboflavin (Vitamin B2) berperan mengurangi stress karena oksidasi dalam tubuh, termasuk mata. 

Secara khusus riboflavin berperan penting untuk mengurangi katarak, sebagaimana kekurangan riboflavin dalam jangka panjang dapat menyebabkan kondisi katarak. 

Sumber riboflavin antara lain oat, susu, yogurt, dan daging.

Niasin

Fungsi dari niasin(Vitamin B3) adalah membantu tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi dan juga berperan sebagai antioksidan. 

Penelitian mengungkapkan bahwa niasin mungkin berperan dalam pencegahan glaukoma.

Sumber niasin antara lain adalah daging, ikan, jamur, dan kacang - kacangan.

Lutein dan Zeaxanthin

Lutein dan zeaxanthin adalah keluarga dari karoten, yang dibuat dari tumbuhan. 

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa beberapa manfaat lutein untuk pencegahan katarak.

Omega 3 

Membran cell dari retina mata manusia mengandung konsentrasi tinggi DHA, tipe khusus dari omega 3.

Omega 3 juga memberi manfaat untuk mata kering agar bisa mengeluarkan air mata lebih.

Sumber omega 3 didapat dari ikan, kacang, kacang hijau, dan minyak olive.

Thiamine

Thiamine (Vitamin B1) berfungsi untuk mengubah makanan menjadi energi. 

Konsumsi Vitamin B1 secara cukup menurunkan resiko katarak. 

Sumber Vitamin B1 antara lain nasi, daging, dan ikan. 

Makan makanan yang bergizi secara cukup tidak hanya menjaga kesehatan tubuh tapi juga bisa menjaga kesehatan mata kita.

Share post:   

Mungkin Anda suka