PROMO OKTOBER DISKON 15% SEBULAN FULL!!!

Tips Membersihkan Softlens Bagi Pemula

Higienis merupakan satu faktor penting untuk mencegah infeksi dan masalah lainnya yang dapat mempengaruhi kesehatan mata. 

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan dan sebaiknya dihindari ketika membersihkan softlens.

Cara membersihkan softlens

Bersihakan tangan kamu dengan air dan sabun sebelum menyentuh softlens.

Gunakan sabun antibakteri lalu keringkan tangan kamu dengan handuk yang bersih. Hindari penggunakan sabun yang berbasis minyak atau lotion, yang dapat menyebabkan softlens kamu berembun.

Gunakan cairan pembersih softlens yang baru setiap saat.

Hindari penggunaan air biasa, ludah, saline(cairan pembersih luka), atau cairan softlens yang sebelumnya dipakai untuk membersihkan softlens. Hal di atas tidak bisa membersihkan softlens kamu dengan baik.

Gunakan jari untuk mengambil softlens dari lens case, buang cairan softlens yang lama, lalu bilas dengan cairan softlens baru.

Studi mengatakan bahwa hal di atas adalah cara terbaik untuk membersihkan softlens. Hati - hati jangan sapai kuku menyentuh softlens. Kuku tidak hanya tajam dan merobek softlens, namun kuku juga merupakan sumber kuman dan debu (kotoran).

Cara lain menjaga softlens tetap bersih

  • Jangan memindahkan cairan softlens ke botol yang lebih kecil ketika melakukan traveling, hal tersebut dapat mempengaruhi strerilitas cairan softlens karena sering berpindah tempat.
  • Jaga agar tutup botol cairan softlens tertutup rapat, dan hindari kontak di sekitar tutup botol dengan benda benda kotor.
  • Ganti lens case kamu setidaknya 1 kali dalam jangka waktu 3 bulan.
  • Hindari penggunaan softlens dalam 30 hari berturu turut setelah pertama kali dibuka.
  • Hindari asap rokok dan polusi lainnya, yang dapat memasuki mata anda serta menyebabkan iritasi dan infeksi.

Selalu ikuti petunjuk keamanan penggunaan softlens.

Instruksi pemakaian yang tertera dalam softlens didesain khusus agar softlens tetap nyaman dipakai, maka ikutilah petunjuk pemakainnya.

Terakhir, dokter mata adalah teman terbaik kamu untuk menjaga mata dan penglihatan tetap dalam kondisi prima. Konsultasi dengan dokter mata secara berkala untuk tahu apakah kamu masih bisa pakai softlens.

Share post:   

Mungkin Anda suka